Pages

Subscribe:

Jumat, 02 Maret 2012

Organic Painting — Aliran Seni Melukis

Kita ketahui bersama bahwa begitu banyak aliran seni melukis. Ada yang mengikuti aliran natural yaitu melukis sesuai keindahan alam dan asli baik pemandangan ataupun lukisan wajah. Raden Saleh dan Basuki Abdullah dua maestro dialiran ini. Ada juga yang memvisualkan kedalam seni lukis berwujud abstrak atau ekspresionis. Affandi dan Umi Dachlan misalnya adalah dua nama besar dalam kategori ini. Tulisan sebagai objek lukisan juga memiliki aliran tersendiri yang kita kenal sebagai kaligrafi. Amri Yahya dan AD Pirous adalah dua tokohnya. Bali yang terkenal sebagai kiblatnya seni dan seniman telah menelurkan aliran seni Bali. AA Gde Anom Sukowati dan I Dewa Nyoman Leper sering disebut sebagai dua pelukis pelopor aliran ini. Tentu masih banyak aliran dan tokoh lain.
Generasi baru seniman juga tak berhenti menggagas gaya melukis yang visioner yang tentunya berpotensi menghasilkan aliran baru dalam seni lukis. Tentu pro dan kontra mengikuti perkembangan ini manakala gaya baru itu dicanangkan sebagai sebuah aliran baru. Visualisasi menggunakan alat bantu komputer yang kemudian dipopulerkan sebagai computer art work atau computer graphic adalah contoh kontroversi di tahun 80an.
Beberapa tahun terakhir teknologi komputer maju pesat merambah masuk ke dunia seni lukis ditambah dengan teknologi yang memungkinkan penggambaran detail dan akurat dengan paint micro-brush dan mengambil pendekatan organik khususnya kesinambungan dan garis serta likuk dinamis menawarkan sebuah pendekatan baru yaitu seni lukis organik. Seorang artis dengan menampilkan begitu banyak ragam karya-seninya ditambah dengan narasi yang mengalir cantik mengabadikannya dalam sebuah buku berjudul Organica Sekali lagi pengakuan sebagai aliran seni lukis baru menuai perdebatan pro dan kontra. Kalangan seni rajah tubuh (tattoo) sangat menggemari aliran seni lukis ini. Kalangan yang kontra mengatakan bahwa ini bukan aliran baru melainkan cara lama dengan promosi baru. Re-branding menurut istilah dunia pemasaran. Gambar berikut adalah salah satu karya seni lukis organik.

Dari ketiga jenis pengertian akan organic painting termasuk diskusi bahkan perdebatan yang telah, sedang dan akan terus terjadi kita dapat menyimpulkan satu hal yaitu kreativitas itu tak ada habisnya. Cipta, rasa dan karsa adalah hasrat manusia untuk melakukan aktualisasi diri. Begitu juga dengan pro dan kontra, itu adalah bagian tak terpisahkan dari dinamika kehidupan manusia. Kreativitas dan inovasi tumbuh bersama peradaban manusia. Keduanya tidak akan pernah terbelenggu oleh kekuatan peradaban baik berupa kekuatan sosiopolitik ataupun teknoekonomi.  Keduanya hanya akan berhenti dan musnah jika kiamat (doomsday) telah tiba.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Free Crayon Blue Pink Cursors at www.totallyfreecursors.com