Pages

Subscribe:

Jumat, 02 Maret 2012

Batik dalam Seni Keramik

 Bukan hanya diterapkan dalam wujud cita atau kain, di tangan maestro batik Indonesia, Iwan Tirta, keindahan corak batik dieksplorasi dan dituangkan dalam piranti makan keramik serta gelas kristal yang anggun dan berkelas.
Dua motif batik yang diterapkan pada keramik ini mulai langka, yakni Modang berbentuk lidah api dari Yogyakarta dan Kupu-Kupu Hokokai dari Pekalongan Master piece dining set keramik bermotif batik sebagai wujud maha karya seni Indonesia
 Motif Hokokai merupakan salah satu motif dari batik pesisiran yang kaya akan detail motif dan warna. Menurut sejarahnya, motif kupu-kupu dan bunga sakura ini diadopsi dari ragam hias dan warna pada pakaian kimono Jepang dan ornamen Cina, kemudian diterapkan pada kain batik pada tahun 1940-an yang dikenal sebagai batik Jawa Hokokai. Keistimewaan motif ini terletak pada penampakan detil yang rumit dan perpaduan warna ekspresif.

 Ornamen Modang berupa deretan lidah api dalam tradisi Jawa mengandung makna yang cukup tinggi, yakni kesaktian, semangat dan ambisi untuk mendapatkan apa yang diinginkan oleh sesorang. Motif ini memang cocok menjadi ragam hias pada benda-benda yang berdimensi tiga, seperti keramik atau kaca  dan kristal. Warna biru pastel pada motif sebagai penyesuaian selera masa kini.
Bila suvenir batik selama ini hanya berupa kain, kini terdapat pilihan lain yang terkesan eksklusif dan mewah berupa keramik. Kreasi batik keramik membuktikan bahwa batik juga bisa tampil lebih modern dan elegan.
Kelebihan dari piranti makan porselen karya Pusaka Iwan Tirta tersebut, selain hanya dibuat dalam edisi terbatas dan dipatenkan oleh maestro batik, juga hanya dibuat 8 set untuk setiap motif. Setiap set memiliki nomor seri dan memiliki napas desain yang kuat. Lapisan emas pada bagian tepi keramik menghadirkan citra mewah.
Mahligai

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Free Crayon Blue Pink Cursors at www.totallyfreecursors.com